27 Feb 2015

Filled Under:

KOMPONEN – KOMPONEN HARDWARE & SOFTWARE PADA KOMPUTER

Komponen - Komponen Perangkat Keras Pada Komputer

Perangkat Keras Komputer di sebut juga Arsitektur Komputer dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Namun disini kita hanya akan membahas arsitektur pada umumnya, Secara garis besar arsitektur computer dapat di bagi menjadi 4 yaitu :

  1. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain/mengubah input menjadi output. Dirincikan sbb :  Primary storageControl unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system, Arithmatika and logical Unit, tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika. Secondary storage (penyimpanan sekunder ), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
  2. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.
  3. Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil pengolahan. (penyimpanan primer), berisi data yang diolah & program,...
  4. Primary storage : tempat penyimpanan

Central Processing Unit, Disinilah jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung. Berikut adalah organ utama dalam CPU :

  • Processor : Menjalankan program.
  • Motherboard : Motherboard adalah rumah dari perangkat dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam system harus melalui motherboard.
  • Video Graphics Adapter ( VGA ) : Perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk ditampilkan  ke monior.
  • Power Supply Unit ( PSU ) : Mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada dalam  computer. Serta untuk menstabilkan voltase secara otomatis.
  • Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan dalam computer.
  • Memory ( kecepatan ) : Semakin besar kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program.
Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice recognizer. Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: keytocard, keytotape, keytodisk, dsb

  • Keyboard : Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868.
  • Mouse : dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan tangan kita.
  •  Scanner : suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi.
  • Monitor : disebut juga layar computer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
  • Printer : digunakan untuk mencetak data / informasi pada kertas
  • Speaker : berfungsi untuk mengeluarkan informasi berupa suara
  • Processor : sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
  • Mainboard : sebagai kerangka mesin computer tempat processor dan komponen – komponen lainnya dipasang
  • Diskette Drive : disebut floppy drive, yaitu tempat memasukkan floppy disk (disket). Berfungsi membaca dan menulis data pada disket.
  • CD Drive : tempat memasukkan CD, berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD
  •  Harddisk : adalah tempat penyimpanan data. Harddisk berada dalam casing (badan) komputer dan jarang di pindah-pindahkan (disebut fixed disk)
  • Memory (RAM) tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Accses Memory, yaitu memori yang bias diakses secara acak oleh processor.
  •  VGA – Card : komponen yang berfungsi menampilkan gambar / tampilan pada monitor. (Video Graphics Array)
  •  Sound Card : komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker
  • LAN Card : komponen yang akan menghubungkan computer dengan computer lainnya. Tidak selalu ada pada computer, dan dipasang jika diperlukan saja.
  •  Modem : komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi internet, atau untuk mengirim data melalui jaringan telepon.
  • Stabilizer : menstabilkan arus listrik sehingga arus yang masuk ke dalam power supply komputer tidak terlalu naik – turun yang bisa menyebabkan kerusakan peralatan elektronik dan data.
  • UPS : untuk mencegah komputer mati ketika terjadi pemadaman arus listrik mendadak. Pada waktu listrik padam, UPS otomatis menyediakan daya listrik untuk computer.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar ), suara , dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin ( machine-readable form ). Peralatan output dapat berupa :

  • Hard-copy device  yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  • Soft-copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh :>> Printer : Output device yang berfungsi mencetak data ( Dokumen, Picture, web page, dll ) >> Monitor : Output device yang berfungsi menampilkan data-data dari CPU. >> Projector : Sama halnya monitor, projector berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor. >> Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa suara.
Primary storage

  • Pita Magnetik (Magnetic Tapes)
  • Floppy disk (diskette),
  •  Zip Drive
  • Flash Disk
  • Hard Disk
  • Disk Optik (Optical Disk)
Komponen - Komponen Perangkat Lunak Pada Komputer
Program Aplikasi (Software Application)
Program aplikasi merupakan software yang siap digunakan oleh user untuk memudahkan pekerjaan penggunanya. Program aplikasi dapat dibedakan menjadi :

   a. Word Processing
   Merupakan program ppengolah kata yang dapat digunakan untuk menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2010, Lotus Ami Pro, dan lain-lain.

   b. Desktop Publishing
   Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.

   c. Program Spreadsheet
   Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.

   d. Database Management System
   Program ini dugunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi. Data yang diolah berupa database. Conytohnya adalah Paradox, Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.

   e. Graphics
Dengan program ini kita dapat mengolah data berupa graphic seperti menggambar, meberi warna, membuat animasi, mengedit foto, dan lain-lain. Contoh dari program Graphic adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Photoshine, dan lain-lain.

   f. Program Akuntansi
   Program ini digunakan untuk mengatur keuangan. Biasanya pihak yang menggunakan program ini adalah perusahaan-perusahaan dengan cash flow yang besar. Contoh program ini adalah Pacioli 2000, Peach Tree Accounting, dan sebagainya.

   
   g. Program Statistik
   Program jenis ini digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contohnya adalah Statistica, SAS, dsb.

   h. Communication
   Program jenis ini digunakan untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Contohnya adalah Carbon Copy, DataFax, dsb.


   i. Multimedia
   Program ini berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan multimedia. Contohnya adalah Adobe Premiere Pro, Microsoft Video, dan lain-lain.

   j. Game
   Program ini merupakan program permainan saja. Contohnya Prince Of Persia Need For Speed, GTA, dan lain-lain.

   k. Antivirus
   Merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus komputer. Contohnya sangatlah banyak seperti Avira, AVK Kasper Sky, Smadav, dan lain-lain