27 Feb 2015

Filled Under:

Ruang Lingkup Pembuatan Warnet

Ruang Lingkup Pembuatan Warnet




Ruang Lingkup Pembuatan Warnet
Proyek instalasi jaringan internet ini meliputi sasaran, tujuan dan faktor kesuksesan dari proyek. Tujuan proyek kami adalah memanfaatkan fasilitas internet untuk memudahkan pertukaran data dan komunikasi antar jaringan.
Pengertian warnet adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok/individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya.. biasanya pengguna dikenakan biaya per’jam atau lebih sesuai lama penggunaannya. Kebanyakan warnet dibuka dilahan yang dekat dengan tempat pendidikan seperti : sekolah, tempat les atau kampus. Sehingga penggunaannya pun tak jauh dari siswa/siswi, mahasiswa, dll.
Karena perkembangan teknologi telah merambah ke seluruh penjuru, warnet pun merambah ke pemukiman penduduk dan tempat – tempat strategis lainnya. Karena nya pengguna warnet menjadi semakin meluas, mulai dari anak – anak sampai orang tua. Hal ini dikarenakan, kebutuhan internet yang semakin naik dari yang tadinya kebutuhan senggang menjadi kebutuhan yang memang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, akurat dan terkini atau teraktual. Mulai dari berita tentang kehidupan, teknologi, ekonomi, sosial, politik, tips – tips menarik, jaringan sosial, sampai permainan yang dapat membunuh rasa bosan anda dapat anda nikmati melalui dunia internet.
Fungsi dan manfaat didirikannya warnet yaitu untuk membantu para pengguna agar dapat memenuhi kebutuhannya akan internet apabila pengguna tersebut tidak memiliki koneksi internet dirumahnya.
Ø     Tahap Perencanaan
Pembangunan sebuah warnet dan game online memerlukan perhitungan yang matang. Tahap perancanaan itu meliputi perencanaan pemberian nama warnet, perencanaan pemilihan lokasi pembangunan, perencanaan dalam menentukan spesifikasi dari computer warnet kita, setelah itu fasilitas apa saja yang akan kita berikan dalam warnet kita. Dari semua perencanaan itu kita sesuaikan dengan modal yang kita miliki apakah sesuai dengan kemampuan modal kita, atau kurang. Apabila modal kita kurang dari mana modal tambahan yang akan kita dapat, atau dengan memangkas anggaran pembangunan kita agar sesuai dengan modal yang kita miliki. Setelah itu kita perhitungkan berapa tahun modal kita akan kembali, dengan perhitungan sistematis agar kita tidak merugi dikemudian hari.
Ø     Tahap Instalasi
Setelah yakin kita menguasai teknologi warnet, jaminan pasar cukup baik dan secara bisnis memungkinkan maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dan kegiatan pemasaran. Pada saat kegiatan instalasi ini waktu yang dibutuhkan relatif singkat mungkin hanya sekitar 1-2 minggu-an jika ruangan & telepon telah tersedia. Sisanya hanya melakukan instalasi komputer dan LAN yang dibutuhkan.
Ø     Tahap Pembangunan
Pembangunan adalah langkah paling penting, karena dalam pembangunan inilah kualitas dari perencanaan kita, akan kita realisasikan. Hal yang paling penting dalam tahapan pembangunan dalah jangan sampai ada pembengkakan anggaran. Harus kita kontrol setiap aspek pembangunan, agar uang yang kita keluarkan sesuai dengan anggaran yang telah kita buat. 
1.  Pembangunan fisik atau tempat warnet kita. Bangunlah tempat yang nyaman dan terkesan modern agar pelanggan betah berlama – lama di warnet kita. Pembangunan tempat meliputi : ruangan warnet, lahan parkir, toilet, ruangan lain bila dibutuhkan.
2.   Kedua adalah pembangunan sarana perlengkapan warnet. Sarana ini meliputi unit – unit computer dan fasilitas lain. Dalam pembelian computer harus sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan di awal tadi. Usahakan selektif dalam pembelian komputer, karena kita akan membeli computer dalam jumlah banyak. Perhatikan harga dankualitas serta pelayanan pasca pembelian dari pihak penjual apakah ada asuransi atau garansi yang menyenangkan atau tidak.
3.   Ketiga adalah pembangunan dari segi ahli atau sumber daya manusia. Dari sini kita dapat berlatih dalam pengelolaan warnet. Seorang operator warnet juga harus mempunyai pelayanan yang ramah terhadap pelanggan.
Ø      Management warnet
Setelah pembangunan selesai, selanjutnya kita tinggal melakukan manajemen yang bagus agar warnet kita mempunyai banyak pelanggan dan tidak ditinggalkan pelanggan. Selain itu kita juga harus up to date dalam hal pemilihan teknologi.
Sebelum memutuskan untuk menjalani bisnis warnet ini, hal-hal yang menjadi pertimbangan utama dalam membangun bisnis warnet, antara lain :
  1. Pemilihan lokasi
Lokasi strategis dan ramai sangat dibutuhkan untuk penempatan lokasi warnet, seperti dekat lokasi sekolah/kampus atau dekat dengan pusat keramaian. Karena bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan di bisnis ini.
  1. Jumlah Komputer
Ketersediaan jumlah komputer merupakan faktor penting selanjutnya, karena apabila tingkat pengguna internet tinggi, jumlah komputer yang memadai akan menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama atau meninggalkan warnet. Akan tetapi konsekuensi jumlah komputer yang memadai ini akan diikuti oleh investasi yang lebih besar untuk ongkos koneksi Internet.
  1. Komputer (Hardware & Software)
Spesifikasi komputer yang digunakan yaitu spesifikasi yang memadai dan tepat untuk digunakan sesuai kebutuhan browsing ataupun games online dan tentu tidak mahal.
  1. Network / Jaringan
Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan antara lain : HUB atau SWITCH HUB, 1 PC untuk dijadikan router, dan cable network (sebaiknya membeli 1 rol untuk persiapan/penggantian kabel nantinya) , ethernet card atau sering disebut LAN card dan juga konektor.
  1. Biaya listrik
Biaya listrik per bulan ditentukan oleh kebutuhan listrik dari warnet tersebut. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik. Pembuatan warnet ini menggunakan 10 unit computer dan 1 unit billing, disarankan adalah minimal 2200 watt.
  1. Biaya koneksi per bulan
Untuk biaya koneksi bergantung kepada lebar bandwidth, media koneksi, kualitas danvlainnya.. tentukan dulu kebutuhan bandwidth baru tentukan biaya koneksi. Biaya koneksi dapat dilihat dari situs ISP di Indonesia.
Membangun Warnet yang Kompetitif
Dalam membangun sebuah warnet hal yang menentukan adalah kemampuan manajemen warnet tersebut apakah bisa bertahan menghadapi persaingan. Persaingan bukan hanya warnet di sekitarnya, ISP (Internet Service Provider) juga merupakan saingan, karena ada produk - produk layanan mereka yang bersaingan langsung dan harga PC yang murah juga termasuk persaingan.
Semakin dikenalnya teknologi internet oleh masyarakat umum, membuka peluang bagi usaha warnet untuk terus berkembang dan dapat menjadi suatu kesuksesan bagi pemilik warnet.
Tahap perencanaan pembuatan warnet
            Langkah dalam tahap perencanaan ini yaitu ketersediaan data, data pendukung, hardware/software dan sumber daya manusia, sampai kepada target yang akan dicapai. Dalam menyusun proposal ini yaitu menentukan siapa mengerjakan apa, kapan, bagaimana dan sejauh mana pekerjaan tersebut dilakukan dan menjadi tanggung jawab seseorang. Menyusun planning adalah membicarakan semua lingkup project kepada semua pihak yang terlibat dalam project tersebut dan mengkordinasikan semua aktivitas beserta pihak yang akan menanganinya. Hal terpenting dalam langkah ini adalah mengontrol kemajuan project, mengestimasi waktu penyelesaian, biaya, serta antisipasi bila terjadi perubahan yang tidak diharapkan.