1 Apr 2015

Filled Under:

Cara mengatasi cartridge canon ip2770 tidak terdeteksi

Kali ini saya mau sharing tentang seputar printer gue, yaitu canon ip2770 yang sudah menemani perjalanan hidup gue selama kurang lebih 1 tahun. Dan kalo dipikir-pikir sudah ngeprint 500 lembar tulisan buat skripsi gue. Setelah sebelumnya timbul permasalahan tentang cara mengisi tinta di printer canon ip2770 ku, sekarang permasalahan lain timbul. Yah maklum lah printer dengan harga minimalis tentu saja performanya tidak maksimal. Tapi tentu saja gue selalu berusaha merawat dan memaksimalkan printer kesayangan gue tersebut. Karena kalo sampai rusak gue tidak bisa ngeprint skripsi gue, gue tidak bisa revisi ke dosen pembimbing gue, dan akhirnya gue gak lulus-lulus deh. Nyesek emang.


Baiklah indikasi pertama kalo cartridge printer kamu tidak terdeteksi adalah mucul tulisan bahwa cartridge printer tidak terdeteksi dan printer tidak bekerja alias ngadat. Loh kog simpel banget indikasinya? Ya emang gitu karena gue pake bahasa indonesia pada progam printer tersebut. Dan indikasi yang kedua ditandai dengan lampu resume yang berwarna orange berkedip.

Cara memperbaiki :

Hidupin dulu printer kamu, kalo gak hidup gimana memperbaikinya.
Apakah lampu resume yang berwarna orange tersebut berkedip terus?
Kalo lampu resume berkedip, tekan dan tahan tombol tersebut selama kurang lebih 5 hari detik.
Setelah itu printer dapat kembali digunakan seperti sebelumnya alias normal kembali.


Nah mudah bukan? sebelumnya gue sempat panik dan berencana mau gue bawa ke canon service center. Tapi karena gue tau sekarang sudah banyak artikel yang mau berbagi maka gue pun searching ke simbah google dan nemu beberapa artikel.

Selain masalah cartridge tidak terdeteksi ternyata printer ini mempunyai banyak masalah. Emang nih printer suka cari masalah kali ya? Salah satu masalah yang paling populer dari printer canon ip2770 ini adalah eror 5200. Penyebab keeroran ini karena tindakan suntik menyuntik tinta yang salah sehingga berakibat printer menjadi error, salah satunya adalah error 5200. Kenapa disebut eror 5200? Kenapa gak 2000 atau 3200 ya, gue sendiri juga gak tau.


Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan inisialisasi cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat cartridge printer canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat printer tidak bisa digunakan untuk mencetak, meski printer saat dihidupkan dalam keadaan normal, namun setelah diberikan perintah mencetak maka printer yang tadinya ready (tombol power menyala normal) tiba - tiba berubah menjadi berkedip bergantian dengan lampu resume yang berwarna orange. Ketika Printer Canon IP2770 tidak bisa mencetak kita harus melakukan reset printer untuk menghilangkan error 5200, agar printer bisa digunakan untuk mencetak dengan normal.

Langkah-langkah Mereset Printer Canon ip2770 :

Posisi printer harus dalam keadaan mati (kalau printer sudah hidup, silahkan dimatikan terlebih dahulu)
Tekan dan tahan tombol Resume kurang lebih 2 detik, dilanjutkan dengan tekan tombol Power
Lepas tombol Resume (tombol Power masih tetap ditekan)
Tekan tombol Resume berulang kali sebanyak 5 kali dan lepas kedua tombol (Power & Resume)

Tunggu beberapa detik hingga lampu power menyala normal (tidak berkedip - kedip)
Matikan printer sampai benar - benar mati/off
Setelah printer benar - benar mati, kemudian pencet tombol power dan lampu berwarna hijau, printer sudah bisa digunakan.
Untuk lebih lengkapnya cara mereset printer IP2770 dan unduh software reseternya silahkan
KESINI.

Nah itu tadi salah satu artikel yang gue temukan di mbah google,Bagaimana sobat-sobat sekalian sudah jelaskah tentang permasalahan-permasalahan tentang seputar printer canon ip2770 ini? Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.