18 Nov 2015

Filled Under:

Untuk apa NFC (Near Field Communication) di BB10 ?

Teknologi NFC bukan Teknologi baru lagi, dan di BlackBerry sudah ada di model-model sebelumnya seperti Belagio dan Dakota. Di BlackBerry 10 yang sudah beredar sekarang yaitu BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10, fitur NFC ini masih tetap ada namun aksesibilitas lebih unggul dibanding model BB lama.

NFC diprediksikan kedepannya akan menggantikan kartu akses yang sekarang masih digunakan. Secara luas NFC sudah digunakan untuk mobile payment solution, berinteraksi dengan e-book dan sebagai security card untuk akses ke lokasi-lokasi yang sudah ditentukan, selain itu NFC sudah diadopsikan secara luas termasuk menggantikan kartu kredit.

Mengapa NFC ditanam di smart phone?
Untuk melanjutkan perkembangan dari suatu bagian infrastruktur yang nantinya akan bergabung sehingga membuat NFC solution suatu yang simple dan ada dimana-mana.
Diharapkan orang-orang akan berinteraksi lebih mudah dengan hanya men tap atau menempelkan perangkat nya ke media yang lain untuk keperluan transfer , pemindahan data, gambar, music dll. Lebih luas lagi bila semua infra struktur mendukung maka beberapa transaksi yg confidensial akan menggunakan NFC.

Itu salah satu alasan mengapa NFC dipasang di perangkat smart phone. Yang mungkin dalam perkembangannya NFC memiliki kemampuan yang lebih luas. Sama seperti Bluetooth yang saat pertama muncul hanya beberapa perangkat yang mensupport namun saat ini hampir semua perangkat smartphon sudah ditanami Bluetooth yang disupport oleh perangkat lainnya seperti headset Bluetooth, keyboard atau keyboard Bluetooth, sampai laptop yang hampir semuanya sudah terpasang Bluetooth.

NFC di BB10 (Q10)
Dibandingkan dengan BlackBerry model sebelumnya, Q10 memiliki akses yang lebih banyak dalam pemanfaatan NFC. Dengan NFC yang ada di Q10 sekarang anda dapat dengan mudah mentransfer file berupa document, gambar ataupun musik, yang tidak bisa dilakukan di versi sebelumnya. Dengan men tap atau mengarahkan ke perangkat NFC lainnya.

Cara menggunakan NFC di Q10
Untuk dapat menggunakan fitur NFC tentu harus mengaktifkan koneksi NFC di Q10 dan perangkat yang akan dikoneksikan harus memiliki fitur NFC pula.

1.Aktifkan NFC
Buka menu setting dengan mencari di list menu atau dari posisi standbay swap dari atas kebawah dan akan muncul menu setting. Dimenu setting pilih Network Connections, pilih NFC dan geser switch aktifasi NFC ke posisi ON.


2.Cari File yang akan di transfer
Cari File yang akan anda transfer, yang dapat berupa file gambar, document atau file musik. Anda dapat mencari melalui File Manager atau gambar hasil jepretan kamera. Atau anda dapat menshare kontak melalui NFC.


3.Share melalui NFC
Bila file atau kontak sudah dipilih maka cari menu share, biasanya ada di bagian bawah, di medalam menu option (3 titik) ataupun dimenu bagian kanan yang haris di swip kekiri untuk menampilkannya. Bila menu share sudah didapat kemudian pilih NFC sebagai media untuk mentransfer.
NFC Share


4.Tap ke perangkat yang akan menerima
Setelah File dan menu NFC sudah dipilih maka dekatkan ke perangkat yang akan menerima file hasil transfer tadi, tentunya setelah koneksi NFC nya diaktifkan. Antena NFC terdapat di bagian penutup batery Q10, jadi untuk men-tap atau mengarahkannya dengan mendekatkan bagian belakang Q10 ke perangkat yang akan menerimanya.


Bila ada kesempatan untuk melakukan transfer melalui NFC, anda dapat mencobanya mentransfer sesuatu dengan ukuran file kecil seperti gambar atau file dokumen dari atau ke Blackberry 10 anda, selamat mencoba !